Terima Kasih Anda Sudah Mau Berkunjung Ke Blogs Kami Yang Serba putih ini , agar lebih ringan saat di load oleh pembaca setia.

SIlahkan Lihat Daftar Isi .

Anda Boleh Copy Dan Paste semua Artikel kami tapi cantumkan Sumbernya .

Friday 3 August 2012

Variabel Perantara


variabel bebas , tergantung , kontrol dan moderat yang sudah di bahas di atas permukan variabel - variabel konkret. ketiga variabel , yaitu variabel bebas , kontrol dan moderat tersebut dapat dimanipulasi oleh peneliti dan pengaruh ketiga variabel tersebut dapat di lihat atau di obsevarsi .

oleh karena itu variabel perantara didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat di lihat , diukur , dan dimanipulasi

contoh :

- masalah : layanan yang berkualitas mempengaruhi kepuasan pelanggan 

- variabel bebas : .layanan yang berkualitas

- variabel tergantung : kepuasan pelanggan 

- variabel perantara : kulaitas jasa / produk

pada umumnya layanan yang berkualitas akan memberikan kepuasan yang tinggi terhadapa pelanggaran , sekalipun demuikian kualitas jasa akan  mempengaruhi hubungan variabel layanan dengan variabel kepuasan. layanan berkualitas belum tentu memberikan kepuasan kepada pelanggan kualitas jasanya atau produknya rendah.

misalnya sebuah toko sepatu memberikan layanan yang berkualitas kepada pelanggannya. ketika seorang pembeli mengetahui bahwa sepatunya sobek pada bagian tertentu maka tingkat kepuasan akan menurun .

No comments:

Post a Comment